Kisah Sukses Susi Pudji Astuti Tidak Tamat SMA Tapi Jadi Menteri

Susi Pudji Astuti,

Seorang penting dalam jajaran menteri dalam negeri Indonesia. Beliau adlaah menteri Kelautan dan Perikanan, dibawah kepemimpinan bapak Jokowi sendiri.
Selain sebagai menteri dalam negri dia juga seorang pengusaha sukses yang berwatak tegas.
Susi memiliki bisnis di bidang perikanan dan maskapai penerbangan, dirintis nya benar benar dari nol.

Ia memilih untuk berhenti sekolah dan tidak melanjutkan pendidikan nya lagi pada waktu ia berada di bangku SMA. Lantas tak berdiam diri saja, Susi menggeluti bidang berdagang dengan memulai usahanya sebagai penjual pakaian dan bed cover pada wilayah tempat tinggalnya.
Kemudian dia mulai melirik usaha lain karena dia melihat peluang lebih tinggi di bidang kelautan.
Dengan bermodal cuma 750.000 rupiah, susi mulai membeli ikan di tempat pelelangan ikan dan menjualnya di restaurant.

Dengan niat dan kecerdasan nya melihat peluang pasar, Susi mulai merajai tempat pelelangan itu dan merambah ke luar hingga dia bisa menembus pasar ekspor untuk Lobster dan Ikan laut.

Beberapa kendala ia lalui dengan senyum dan semangat , termasuk kendala transportasi dari jalan darat untuk mensuplay ikan dan lobster agar tetap fresh, Susi mulai berpikir keras dan menemukan jalan yaitu dengan membeli pesawat untuk transportasi barang dagangan nya, dia rela meminjam uang ke bank untuk membeli pesawat tersebut, dari situ lama lama usahanya bertambah maju dan armada penerbangan nya juga mulai bertambah banyak, dan dengan cemerlang ia membaca peluang bisnis itu dan membuat maskapai penerbangan yang ia berinama Susi Air.

Nah, sepenggal pengalaman sukses dari Ibu Menteri kelautan dan perikanan negara Indonesia, kita dapat banyak memetik nilai nilai perjuangan di sepenggal kisah sukses tersebut.
Lantas apakah kita sebagai orang yang mungkin sarjana akan menjadi pengangguran?
Sushi seorang wanita yang tidak tamat SMA bisa menjadi orang sukkses dengan berbagai usaha dan jabatan nya sebagai menteri perikanan dan kelautan , ini adalah contoh sukses yangh memang dari 0, maka kita dapat menjadikan beliau sebagai panutan kita.

Bukan dari modal, namun dari kepandaian kita untuk dapat membaca peluang bisnis dan menanggapinya dengan niat dan ketekunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *