Hidup Sederhana Dari Zuckerberg

Facebook Inc. kini tengah jadi sorotan dunia atas kebocoran data pengguna Facebook di berbagai negara. Jutaan mata tertuju pada sang pendiri sekaligus Chief Executive Officer, Mark Zuckerberg.

Meski menyandang status miliarder, Zuckerberg tetap setia menempuh cara hidup sederhana. Sejak berkuliah, ia bahkan sudah dikenal cermat mengelola keuangan. Nyaris tak pernah berfoya-foya. Kok, bisa? Bisa saja. Ini buktinya:

Memakai baju yang nyaman

Zuckerberg lebih mengutamakan kenyamanan dibanding kemewahan. Cara hidup seperti ini terlihat dalam beberapa kesempatan. Khususnya yang tertangkap media, saat dirinya menjadi pembicara di acara-acara khusus. Ia hampir selalu berpakaian santai; memakai baju yang bisa dibilang nyaris selalu sama dalam setiap agenda.

Padahal, jika mau, Zuckerberg sebetulnya bisa memakai pakaian termahal sekalipun. Terlebih lagi, ia telah dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia pada usia 30-an tahun. Tetap saja, penampilan santainya ini sudah menjadi favorit Zuckerberg.

Tinggal di rumah yang sederhana

Melihat seberapa pesat media sosial Facebook kini, tentu kita membayangkan rumah tempat tinggal Zuckerberg semacam kastel tinggi nan kokoh atau istana dengan taman berhektare-hektare.

Oh, ternyata kita keliru. Tempat tinggal Mark Zuckerberg malah terkesan sederhana. Suatu kali ia pernah mengatakan: “Anda harus menjaga pikiran terfokus pada upaya mencintai pekerjaan daripada mencintai apa yang dimiliki.”

Mengendarai kendaraan sederhana
Mark Zuckerberg
CEO Facebook Mark Zuckerberg (AP Photo/Jeff Chiu)

Baik pakaian maupun kendaraan, Zuckerberg tetap berprinsip soal kenyamanan, bukan kemewahan. Dia tetap setia dengan mobil tuanya karena pertimbangan masih aman dan nyaman.

Tidak membuang uang untuk hal yang tidak penting

Zuckerberg sudah bertahun-tahun dikenal sebagai sosok yang cermat mengelola keuangan, tak terkecuali pengeluarannya. Menurut Zuckerberg, hidup hemat bukan berarti harus serbakurang, tetapi bagaimana ia mewujudkan apa yang diinginkan

.Acara pernikahan Zuckerberg dengan Priscilla Chan digelar di halaman rumah mereka Palo Alto, California. Acaranya hanya dihadiri sekitar 100 tamu undangan.

Ia sebetulnya ingin merahasiakan pesta pernikahannya, andai saja adiknya, Arielle Zuckerberg, tidak mengeposkan status Facebook: “Sial. Sekarang aku satu-satunya Zuckerberg yang belum menikah.”

Setelah menikah, Mark dan istrinya, Priscilla Chan, pergi berbulan madu ke tempat-tempat yang umum didatangi banyak orang. Makan bersama di McDonald’s Italia adalah salah satu hal yang mereka lakukan saat bulan madu.

Mark dan istrinya bisa saja pergi berbulan madu ke sebuah pulau khusus yang sudah ia sewa dengan uang miliknya. Namun, prinsip hemat sang pendiri Facebook justru tak seperti itu.

Gaya hidup sederhana bukan berarti tidak kekinian
[Bintang] 5 Fakta Mengejutkan Priscilla Chan, Istri Bos Facebook Mark Zuckerberg
Buat kamu yang kepengin tahu lebih jauh tentang Priscilla Chan, istri bos Facebook Mark Zuckerberg. (Foto: Techpoint.ng)

Banyak anak muda zaman now beranggapan jika tidak berpenampilan ‘wah,’ berarti tidak kekinian.

Coba kita kembali melihat Mark Zuckerberg. Apa iya dia bukan pemuda kekinian? Dengan segala prestasi yang telah diraih, kekayaan, popularitas, namun dia tetap hidup sederhana. Inilah hal yang patut dicontoh para anak muda zaman now.

Lalu ke mana harta Zuckerberg? Pertanyaan ini sering muncul saat melihat kehidupan sehari-hari miliuner muda itu. Zuckerberg, sang pendiri Facebook itu, menggunakan sebagian besar kekayaannya untuk beramal. Wow … luar biasa!Muda, kaya, memiliki perusahaan kelas dunia, dan memiliki kepedulian sosial tinggi. Sungguh, sosok anak muda yang kekinian.