NAH Project

NAH Project – Sekilas kalau mendengar nama ini anda pasti bingung, anda akan berkata saya tidak tahu…itu apa y?. NAH merupakan salah satu produesen sepatu yang berasal dari Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa produsen sepatu lokal atau asli Indonesia belum mendapat tempat di hati para konsumen. Produk Lokal masih kalah nama dengan nama besar seperti Nike, Adidas, dsb. NAH merupakan produsen sepatu jenis Sneakers.

NAH menjadi terkenal ketika, orang nomor satu di Indonesia memesan dan memakai sepatu ini. y siapa lagi kalau bukan Presiden kita Bapak Joko Widodo. disuatu kesempatan Jokowi menggunakan sepatu yang mengundang perhatian seluruh masyarakat atau dengan kata lainnya salah satu unggahan tentang kegiatan Jokowi menjadi viral karena sepatu yang beliau kenakan.

Berikut sekilas tentang NAH :

Pendiri NAH Project, Rizky, menuturkan kalau modal awal usaha sepatu sneakers ini “cuma” Rp 5 juta aja. Modal tersebut digunakan buat kebutuhan operasional aja. Sementara itu, biaya produksi dia akali dengan “utang” ke vendor karena kebetulan dia kenal sama vendor tersebut.

Modal awal Rp 5 juta tersebut pun merupakan patungan Rizky dan teman-temannya. Sebelumnya, mereka sempat usaha jualan pakaian. Produk-produk lama tersebut mereka jual dan kemudian dikumpulkan buat jadi modal usaha sneakers ini.

Sebelum akhirnya memilih produk sneakers sebagai produk utama mereka, ternyata NAH sempat berfokus pada sepatu formal. Namun, melihat habit pelanggan mereka yang lebih memilih sepatu-sepatu warna cerah dan bersol karet, akhirnya NAH banting setir ke produk sneakers.

Pemasaran produk NAH Project sendiri baru melalui toko online di Instagram. Rizky berujar bahwa dia ingin punya pabrik sendiri. Namun, tentu butuh modal besar buat mencapai goal tersebut. Yang jadi konsentrasi pertama mereka saat ini adalah gimana bisa membangun toko offline.

NAH Project sempat ikut pameran di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Di pameran tersebut, Kaesang hadir pula bersama brand Never Too Lavish yaitu jaket denim dengan peta Indonesia yang sempat dikenakan oleh Jokowi. Bisa dibilang, semuanya terhubung di situ.

Setelah Pameran tersebut NAH Project dihubungi oleh pihak Istana bahwa Jokowi ingin memesan sepatu buatan mereka. Mereka di minta untuk mengirimkan katlaog kepada Pak Jokowi. Produk yang dipakai oleh pak Jokowi adalah FlexiKnit v2.0. yang mana produk tersebut masih dalam perencanaan dan belum dirilis. Karena permintaan Istana Negara, tim NAH membuat produk tersebut dan mengirimkannya secara langsung.

Akhirnya, pada saat acara We The Fest, Jokowi mengenakan sneakers lokal tersebut. Rizky dan teman-temannya gak bisa mengungkapkan rasa bahagia karena produknya dikenakan oleh orang nomor satu di Indonesia…..Orang No.Satu di Indonesia tidak malu menggunakan Sepatu Produk Asli Indonesia…Salam Sukses